INI PERBEDAAN KONSEP ANTARA MARTIR DAN SYAHID

martir adalah mempertahankan iman tanpa adanya kekerasan fisik.

sedangkan syahid dalam jihad adalah perang fisik.

saya mencontohkan martir:

saya diancam dibunuh oleh 2 orang muslim jika tidak masuk islam, dan saya menolak, pada akhirnya mereka membunuh saya.

jadi intinya mau usus saya dikeluarin, kepala dipenggal dll saya tidak akan melawan kekerasan itu, walaupun sebenarnya ada kesempatan untuk melawan.

sebeb Yesus berkata, "pembalasan adalah hak ku"

jadi manusia tidak berhak menghakimi orang lain.


beda cerita jika syahid dan jihad. pembunuhan dalam nama tuhan sangat dianjurkan disini. makanya mereka ngotot mendirikan khilafah.

Nabi Muhammad sendiri mencontohkan bahwa kamu harus perang jika diperangi. nah bisa kita tarik benang merah nya, jika secara eksplisit, islam setuju akan adanya kekerasan, walaupun dalam keadaan keadaan tertentu.


kalo dalam kristen, mau dalam keadaan apapun, mau dalam ancaman apapun, kita sangat dilarang untuk melakukan kekerasan.


selamat siang


Comments

  1. Maaf dulur meluruskan sedikit, syahid gak harus dengan fisik, contoh : seorang ibu yang melahirkan lalu ibu tsb meninggal juga bisa disebut mati syahid.

    Saya mau tanya kalau bagaimana dengan anggota TNI yang berperang membela negara kalau tidak memakai cara fisik mempertahankan negara?

    Bagaimana hukumnya, karena tadi disebutkan dalam keadaan apapun tidak boleh dengan cara kekerasan?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

[ PANLOK Idaman ....] Sandra Dewi Tak Heran Ahok Galak dan Suka Marah

[TRUE STORY] Surabayan Gigolo: Ternyata Si Tante tak Selalu Cari yg Jago di Ranjang